Dampak Visual Complexity Terhadap Minat Beli Konsumen dalam Bisnis Ritel

Authors

  • Willy Gunadi Binus Business School, Universitas Bina Nusantara Jakarta
  • Diana Melliza Stephanie Business School, Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.12695/jmt.2021.20.1.1

Abstract

Abstrak. Seiring dengan meningkatnya perekonomian di Indonesia, tingginya daya beli konsumen juga berdampak pada kemunculan brand baru yang jumlahnya meningkat secara signifikan di pasar ritel. Bisnis teh kemasan yang mulanya didominasi oleh dua pemain sekarang sangat kompetitif dengan lebih dari 20 brand teh, juga peningkatan konsumsi cokelat sebesar lebih dari 25 persen per tahun yang membuat jajaran display cokelat di supermarket semakin meluas. Hal ini menjadi tantangan bagi produsen dan retailer untuk menyusun strategi penjualan demi mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh tingkat kompleksitas display terhadap proses evaluasi konsumen dan keinginan konsumen untuk membeli suatu produk. Penelitian ini juga akan menganalisa pengaruh karakter field dependence serta tujuan belanja konsumen terhadap daya tarik produk (perceived attractiveness). Penelitian ini dilakukan melalui 3 studi eksperimen dengan metode ANOVA 2x2. Studi 1 menganalisa stimuli abstrak, studi 2 menganalisa produk real dan studi 3 menambahkan analisa eye tracking. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa semakin kompleks display suatu produk, maka daya tarik produk akan dinilai semakin rendah, terutama bagi konsumen utilitarian dengan karakter field dependent.

Kata kunci: Kemasan, processing fluency, minat beli, ritel, kompleksitas visual


Abstract. Along with the rapid economic growth in Indonesia, high buying power led to significant emergence of new-comers brand in retail market. Bottled tea business that used to dominated by two brands, now become highly competitive with more than 20 brands in the market, also an increase in chocolate consumption by more than 25 percent per year making chocolate display in supermarkets become remarkably widespread. This is challenge for manufacturers and retailers to develop strategy to gain maximum profit. This research aims to analyze the effect of display's visual complexity on consumers evaluation process and purchase intention. This research also analyzes the effect of consumer field dependence and shopping goal on perceived target attractiveness. This research consists of 3 experimental studies, each in ANOVA 2x2. Study 1 analyze abstract stimuli, study 2 analyze real product and study 3 complements with eye tracking data. The results prove that the more complex is the product's display, the more product target attractiveness will be rated lower, especially for utilitarian customer with field dependent character.

Keywords: Package, processing fluency, purchase intention, retail, visual complexity

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2020-10-08

Accepted

2021-04-12

Published

2021-04-29

How to Cite

Gunadi, W., & Stephanie, D. M. (2021). Dampak Visual Complexity Terhadap Minat Beli Konsumen dalam Bisnis Ritel. Jurnal Manajemen Teknologi, 20(1), 1–20. https://doi.org/10.12695/jmt.2021.20.1.1

Issue

Section

Articles