Bagaimana Interaksi antar konsumen dapat mengakibatkan suatu merek menjadi generik?

Authors

  • Ivan Prasetya School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung
  • Utomo Sarjono Putro School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung
  • Yos Sunitiyoso School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung
  • Pri Hermawan School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung
  • Dhanan Sarwo Utomo School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung

Abstract

Abstrak. Generic brand merupakan merek yang telah menjadi nama kategori dan telah kehilangan fungsinya sebagai pembeda dan tentunya hal ini sangat merugikan perusahaan. Pada penelitian ini dibangun suatu simulasi berbasis agen untuk mengetahui mekanisme seperti apa yang dapat menggambarkan proses terjadinya generic brand dan mengetahui bagaimana interaksi konsumen dapat mempengaruhi suatu merek menjadi generik. Studi ini akan mengambil kasus pada produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Mekanisme yang dihipotesakan kemudian diuji melalui sejumlah eksperimen. Berdasarkan hasil eksperimen dapat disimpulkan kondisi-kondisi yang menyebabkan suatu merek menjadi generik dan kondisi-kondisi yang dapat mencegah agar suatu merek tidak menjadi generik.

Kata kunci: generic brand, simulasi berbasis agen, sistem kompleks

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2011-12-24

Published

2002-06-01

How to Cite

Prasetya, I., Putro, U. S., Sunitiyoso, Y., Hermawan, P., & Utomo, D. S. (2002). Bagaimana Interaksi antar konsumen dapat mengakibatkan suatu merek menjadi generik?. Jurnal Manajemen Teknologi, 9(3). Retrieved from https://journal.sbm.itb.ac.id/index.php/mantek/article/view/125

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>