Penggunaan Soft System Methodology dan Grounded Theory dalam Membangun Teori pada Penelitian Proses Strategi (Strategy Process Research)

Authors

  • Widjajani
  • Surna Tjahja Djajadiningrat
  • Hari Lubis
  • Gatot Yudoko

Abstract

Salah satu subbidang dalam penelitian Manajemen Strategi ialah penelitian proses strategi (strategy process research) yang dapat menjelaskan bagaimana perusahaan mencapai dan memelihara posisi melalui tindakan-tindakan yang deliberate dan trial-and-eror. Penelitian proses strategi memerlukan sederet metoda-metoda yang lebih mendalam misalnya dengan metode penelitian Grounded Theory yang dapat menghasilkan suatu teori. Dalam penurunan teori pada metode penelitian Grounded Theory menggunakan aturan pengkodean dengan maksud menganalisis data menjadi model-model konseptual. Proses pemodelan di dalam Grounded Theory kemudian dapat diperkuat dan distrukturkan dengan menggunakan Soft System Methodology sehingga mempermudah dalam proses analisis data dalam membentuk teori.

 

Keywords:Grounded Theory, Soft System Methodology, strategy process research

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2011-12-24

Published

2002-06-01

How to Cite

Widjajani, Djajadiningrat, S. T., Lubis, H., & Yudoko, G. (2002). Penggunaan Soft System Methodology dan Grounded Theory dalam Membangun Teori pada Penelitian Proses Strategi (Strategy Process Research). Jurnal Manajemen Teknologi, 8(1). Retrieved from https://journal.sbm.itb.ac.id/index.php/mantek/article/view/91

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>