Perencanaan Strategik Sistem Informasi pada Perusahaan Penerbitan dengan Metode Ward & Peppard: Studi Kasus pada Penerbit Rekayasa Sains Bandung

Authors

  • Awan Setiawan Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Langlangbuana
  • Benie Ilman

Abstract

Abstrak. Perencanaan strategis sistem informasi kini merupakan salah satu kunci dalam pencapaian sasaran perusahaan, karena harus selaras dengan strategi bisnis yang dijalankan. Model perencanaan strategis sistem informasi yang akan dibahas dalam kajian ini adalah menggunakan metode Ward & Peppard. Metode Ward and Peppard merupakan sebuah model yang digunakan untuk menyusun sebuah perencanaan strategik sistem informasi pada suatu industri. Dengan menggunakan metode ini berbagai faktor yang berpengaruh terhadap organisasi, baik internal maupun eksternal dianalisis untuk mendapatkan sebuah formula yang menjadi dasar dalam penyusunan strategi SI/TI baru perusahaan dalam bentuk portofolio SI/TI, yang selanjutnya dapat dijadikan sebuah rencana strategik (renstra) SI/TI. Hasil kajian menunjukkan sebuah model perencanaan strategi sistem informasi industri penerbitan yang selaras dengan strategi bisnisnya. Komponen-komponen yang menentukan pada industri penerbitan yang dipetakan kedalam 4 perspektif BSC, yaitu persepektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil pemetaan ini selanjutnya mengelaborasi kebutuhan SI/TI sejalan dengan strategi bisnis penerbitan menggunakan empat perspektif BSC. KebutuhanSI/TI yang muncul kemudian di inventarisir untuk dijalankan sesuai dengan manajemen strategis SI/TI-nya.

Katakunci: perencanaan strategik, sistem informasi, teknologi informasi, metode ward and peppard, penerbit rekayasa sains.

Abstract. Strategic planning of information system is now one of the key in achieving the company's goals, as must be aligned with business strategy being executed.  Strategic planning model of information systems to be discussed in this study is using Ward & Peppard. Ward and Peppard method is a model used to develop an information systems strategic planning in an industry. By using this method the various factors that affect the organization, both internally and externally analyzed to get a formula that became a base for the preparation of the strategy / IT Company in the form of a new portfolio / IT, which then can be used as a strategic plan (renstra) of SI / IT. The result of the study showed a model of Strategic Information Systems Planning in publishing industry that is aligned with its business strategy. The components that determine the publishing industry  is mapped to the four BSC perspectives i.e financial perspective, customer, internal business processes, learning and growth. The result of this mapping needs further elaboration / IT in line with business strategy publishing using the four BSC perspectives. The need for IS / IT that emerge later is to be Inventoried to be carried out in accordance with the strategic management of IS / IT.

Keywords: strategic planning, information systems, information technology, ward and peppard method, rekaya sains publisher.

 

Abstrak
Perencanaan strategis sistem informasi kini merupakan salah satu kunci dalam pencapaian sasaran perusahaan, karena harus selaras dengan strategi bisnis yang dijalankan. Model perencanaan strategis sistem informasi yang akan dibahas dalam kajian ini adalah menggunakan metode Ward & Peppard. Metode Ward and Peppard merupakan sebuah model yang digunakan untuk menyusun sebuah perencanaan strategik sistem informasi pada suatu industri. Dengan menggunakan metode ini berbagai faktor yang berpengaruh terhadap organisasi, baik internal maupun eksternal dianalisis untuk mendapatkan sebuah formula yang menjadi dasar dalam penyusunan strategi SI/TI baru perusahaan dalam bentuk portofolio SI/TI, yang selanjutnya dapat dijadikan sebuah rencana strategik (renstra) SI/TI. Hasil kajian menunjukkan sebuah model perencanaan strategi sistem informasi industri penerbitan yang selaras dengan strategi bisnisnya. Komponen-komponen yang menentukan pada industri penerbitan yang dipetakan kedalam 4 perspektif BSC, yaitu persepektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil pemetaan ini selanjutnya mengelaborasi kebutuhan SI/TI sejalan dengan strategi bisnis penerbitan menggunakan empat perspektif BSC. KebutuhanSI/TI yang muncul kemudian di inventarisir untuk dijalankan sesuai dengan manajemen strategis SI/TI-nya.
Katakunci: perencanaan strategik, sistem informasi, teknologi informasi, metode ward and peppard, penerbit rekayasa sains.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2012-09-11

Accepted

2013-02-21

Published

2013-03-04

How to Cite

Setiawan, A., & Ilman, B. (2013). Perencanaan Strategik Sistem Informasi pada Perusahaan Penerbitan dengan Metode Ward & Peppard: Studi Kasus pada Penerbit Rekayasa Sains Bandung. Jurnal Manajemen Teknologi, 11(3). Retrieved from https://journal.sbm.itb.ac.id/index.php/mantek/article/view/337

Issue

Section

Articles