Membangun sistem kemitraan antara komunitas pakar dan dunia praktisi yang menciptakan sustainabilitas rantai nilai program riset dan pengembangan teknologi ( RIPTEK )

Authors

  • Hasrini Sari
  • Bambang Hermanto
  • Nurhajati Ma’mun

Abstract

Kemampuan dalam mengalihkan terknologi yang diciptakan oleh lembaga penelitian atau universitas ke perusahaan-perusahaan jasa dan komersial sangat mempengaruhi daya saing dan penciptaan kesejahteraan dari suatu Negara. Sementara di Indonesia, kalangan industriawan sepertinya belum mengandalkan betul kalangan perguruan tinggi sebagai basis pengembangan teknologi. Sementara universitas atau institute boleh jadi belum mampu mengejar kemajuan teknologi yang dibutuhkan kalangan industriawan, ada semacam kesenjangan antara keduanya. Kondisi ini menyebabkan di dunia pendidikan tidak berkembang penciptaan inovasi produk/prosesi. Pembentukan wahana yang dapat menciptakan kemitraan antara dunia praktisi dan komunitas pakar dalam bentuk komunitas praktisi menjadi salah satu jalan pemecahannya. Studi ini mengindentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kemitraan tidak terwujud serta memberikan beberapa masukan bagi perumusan arah kebijakan kemitraan antara dunia praktisi dan komunitas pakar.

 

Katakunci: komunitas pakar, dunia praktisi, komunitas praktisi, kemitraan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2011-12-24

Published

2002-06-01

How to Cite

Sari, H., Hermanto, B., & Ma’mun, N. (2002). Membangun sistem kemitraan antara komunitas pakar dan dunia praktisi yang menciptakan sustainabilitas rantai nilai program riset dan pengembangan teknologi ( RIPTEK ). Jurnal Manajemen Teknologi, 3(2). Retrieved from https://journal.sbm.itb.ac.id/index.php/mantek/article/view/33

Issue

Section

Articles