The Effect of Market Orientation, E-Commerce, and Product Innovation on Marketing Performance in MSMEs Culinary Sector
DOI:
https://doi.org/10.12695/jmt.2023.22.2.4Abstract
Abstract. The pressure of competition is so tight and market players are increasingly aggressive in seizing market share, causing MSMEs to need to improve their marketing performance. MSMEs actors must build a strong strategy through market orientation, e-commerce, and product innovation.This study aims to determine and analyze the effect of market orientation, e-commerce, and product innovation on marketing performance in the culinary sector MSMEs in Pekanbaru City. This research is a quantitative research with research sampling method that is nonprobability sampling. The sample used was 100 MSMEs in the culinary sector in Pekanbaru City with purposive sampling methods. The results of this study are market orientation variables have a positive and significant effect on marketing performance in the culinary MSMEs sector in Pekanbaru City, e-commerce have a positive but not significant effect on marketing performance in the culinary MSMEs sector in Pekanbaru City, and product innovation variables have a positive and significant effect on marketing performance in the culinary MSMEs sector in Pekanbaru City.
Keywords: Market orientation, e-commerce, product innovation, marketing performance, MSMEs
Abstrak. Adanya tekanan persaingan yang begitu ketat dan semakin agresifnya pelaku pasar dalam merebut porsi pasar, menyebabkan UMKM perlu untuk meningkatkan kinerja pemasarannya. Pelaku UMKM harus membangun strategi yang kuat melalui orientasi pasar, e-commerce, dan inovasi produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh orientasi pasar, e-commerce, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada UKM sektor kuliner di Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengambilan sampel nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui kuesioner yang disebarkan secara online menggunakan google form sehingga diperoleh responden penelitian sebanyak 100 UMKM sektor kuliner di Kota Pekanbaru. Hasil penelitian ini adalah variabel orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM sektor kuliner di Kota Pekanbaru, e-commerce berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM sektor kuliner di Kota Pekanbaru, dan variabel inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM sektor kuliner di Kota Pekanbaru.
Kata kunci: Orientasi pasar, e-commerce, inovasi produk, kinerja pemasaran, umkm
Downloads
References
Ariantini, P. W., Kusuma, I. G. N. A. E. T., & Rihayana, G. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Kerajinan Keramik di Bandung. Values, 1(3), 131–139.
Damarwulan, L. M., Ramdansyah, A. D., & Lutfi, L. (2021). Peningkatan Kekuatan Jejaring Wirausaha dan E-Marketing UMKM di Banten dalam menghadapi dampak Pandemic Covid-19. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(3), 1113–1123. doi: 10.34007/jehss.v3i3.495
Fahmi, I. (2016). Perilaku organisasi: Teori, Aplikasi, dan Kasus. Alfabeta.
Fatkhurahman, & Siregar, E. I. (2019). Kinerja Bisnis Kuliner dalam Menghadapi Persaingan di Kota Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 5(2), 170–176.
Hanum, A. N., & Sinarasri, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E-Commerce dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus UMKM di Wilayah Kota Semarang). Maksimum: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang, 8(1), 1–15. http://jurnal.unimus.ac.id
Hardi, & Zaharman. (2018). Strategi Pemerintah Kota Pekanbaru Dalam Pemberdayaan dan Pembinaan UMKM Menghadapi MEA. Jurnal Daya Saing, 4(1), 36–47.
Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan (1st ed.). CAPS (Center For Academic Publising Service).
Hendriyani, I. G. A. D. (2022, March 25). Menparekraf Dorong 17 Subsektor Ekonomi Kreatif Masuk di E-katalog LKPP. Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif. https://kemenparekraf.go.id/hasil-pencarian/siaran-pers-menparekraf-dorong-17-subsektor-ekonomi-kreatif-masuk-di-e-katalog-lkpp
Humas Kementerian Koperasi dan UKM. (2021, December 30). Menteri Teten: Fondasi Telah Kuat, Tahun 2022 Masuk Fase Pemulihan Transformatif. Kementerian Koperasi Dan UKM Republik Indonesia. https://kemenkopukm.go.id/read/menteri-teten-fondasi-telah-kuat-tahun-2022-masuk-fase-pemulihan-transformatif
Ishaq, A. H. (2020). Strategi Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Kartu E-Money Untuk Peningkatan Kinerja Pemasaran. Jurnal Riset Perbankan Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 60.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.
Kurniawan, G. (2019). Analisis Kinerja Pemasaran Produk Pt Artois Pharma. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 108–124.
Kusuma, N. T. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UKM di Provinsi Yogyakarta. UKM Dewantara, 1(2), 51–56.
Mandasari, I. C. S. (2020). Pengaruh Inovasi Produk dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Industri Mikro Kecil Makanan di Kota Denpasar). Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 2(2), 56–62. https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/wmbj
Na, Y. K., Kang, S., & Jeong, H. Y. (2019). The Effect of Market Orientation On Performance of Sharing Economy Business: Focusing On Marketing Innovation And Sustainable Competitive Advantage. Sustainability , 11(3), 1–19. doi: 10.3390/su11030729
Ningrum, S., Fitra, V. D., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, dan Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mutiara Manajemen, 5(2), 1–9. http://u.lipi.go.id/1487664422
Permana, A. E., Reyhan, A. M., Rafli, H., & Rakhmawati, N. A. (2021). Analisa Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 32–37. doi: 10.33365/jti.v15i1.868
Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 15–20.
Pudyastuti, E., & Saputra, A. (2021). Upaya Peningkatan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Medan di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(3), 437–449.
Rachma, A., Purwinarti, T., & Mariam, I. (2021). Pengaruh Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pelaku UMKM Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur). Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers, 235–243. https://covid-19.bps.go.id/,
Sandri, S. H., & Hardilawati, W. L. (2019). Model Pemasaran Hubungan Pelanggan, Inovasi, dan E-Commerce Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UKM di Pekanbaru. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 9(2), 213–222. http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/jae
Shodiqin, D. H., & Rhain, A. (2020). Peran Orientasi Pasar dan Inovasi dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran Kalangan Konsumen Muslim/ Muslimah pada UKM Batik di Wilayah Jember. Kajian Ekonomi Dan Bisnis Syariah, 2(1), 8–17. www.Jemberkab.go.id
Sismanto, A., & Yulinda, A. T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Organisasi, Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran. Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 1(1), 25–31.
Soehadi, A. W. (2012). A Value Creation Approach: Strategi Pemasaran Dalam Penciptaan Nilai Perusahaan (B. Marsudi & M. E. Yulianto, Eds.). Prasetiya Mulya Publishing.
Subagio, I. S., & Sarawati, E. (2020). Pengaruh E-Commerce dan Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap kinerja UMKM di Purbalingga. Journal of Law, Economics, and English, 2(1), 1–14.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta.
Sutapa, Mulyana, & Wasitowati. (2017). The Role of Market Orientation, Creativity and Innovation in Creating Competitive Advantages and Creative Industry Performance. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(2), 152–166. doi: 10.15294/jdm.v8i2.12756
Ulya, Z. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Industri Kecil Pengolahan Pisang Sale Di Kabupaten Aceh Timur). Ekonomi dan Bisnis, 4(2), 114–125. doi: 10.32505/j-ebis.v2i1
Yadnya, I. P., & Santika, W. (2017). Pengaruh Inovasi, Adopsi E-Commerce, dan Keunggulan Kompetitif Terhadap Kinerja Pemasaran. Forum Keuangan Dan Bisnis Indonesia, 6, 347–358. http://fkbi.akuntansi.upi.edu/
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Copyright @2023. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium.