Dampak Brand Image, Celebrity Endorsement dan E-WOM terhadap Keputusan Pembelian MS Glow For Men di Indonesia

Authors

  • Rizki Fathoni Akbar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom, Bandung
  • Maya Arianti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.12695/jmt.2021.20.3.7

Abstract

Abstrak. MS Glow For Men adalah salah satu produk skincare lokal yang banyak mendapatkan penghargaan dan berkembang pesat di Indonesia. Namun pada platform gamal men yang merupakan destinasi pria dalam mencari skincare, penjualan dari merek tersebut masih tertinggal jauh jika dibandingkan dengan kompetitornya. Hal tersebut menjadi pertanyaan mengingat banyaknya penghargaan yang telah di raih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari variabel independen, yaitu brand image, celebrity endorsement dan E-WOM terhadap variabel dependen, yaitu keputusan pembelian. Responden dalam penelitian ini berjumlah 384 konsumen MS Glow For Men. Metode yang dipakai yaitu dengan Structural Equation Modelling (SEM) dimana pengolahan datanya menggunakan aplikasi SmartPLS. Nilai yang dihasilkan melebihi nilai t tabel 1,645, dimana 1,657 pada celebrity endorsement, 5,579 pada E-WOM dan 6,639 pada brand image. Hasil tersebut membuktikan bahwa semua variabel independen berdampak positif secara signifikan terhadap variabel dependen.

Kata kunci: Dukungan selebriti, ewom, citra merek, keputusan pembelian, SEM.


Abstract. MS Glow For Men is one of the local skincare products that has received many awards and growing rapidly in Indonesia. However, on the Gamal Men platform, which is a male destination for skin care, sales from this brand are still far behind when compared to its competitors. This is a question considering the many awards that have been achieved. The purpose of this study was to determine the impact of the independent variables, namely brand image, celebrity endorsement and E-WOM on the dependent variable, namely purchasing decisions. Respondents in this study found 384 consumers of MS Glow For Men. The method used is Structural Equation Modeling (SEM) where the data processing uses the SmartPLS application. The resulting value exceeds the t table value of 1,645, where 1,657 on celebrity endorsement, 5,579 on E-WOM and 6639 on brand image. These results prove that all independent variables have a significant positive impact on the dependent variable.

Keywords: Celebrity endorsement, ewom, brand image, purchase decision, SEM.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2021-09-14

Accepted

2021-12-01

Published

2021-12-30

How to Cite

Akbar, R. F., & Arianti, M. (2021). Dampak Brand Image, Celebrity Endorsement dan E-WOM terhadap Keputusan Pembelian MS Glow For Men di Indonesia. Jurnal Manajemen Teknologi, 20(3), 304–324. https://doi.org/10.12695/jmt.2021.20.3.7

Issue

Section

Articles