Analisis Kontribusi Komponen Teknologi pada Perusahaan Jasa Kereta Api Barang dengan Pendekatan Model Teknometrik

Authors

  • Evy Rusmanida Yanthi Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor
  • Abdul Basith Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor
  • Jono M Munandar Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.12695/jmt.2018.17.3.3

Keywords:

Transportasi kereta api barang, komponen teknologi, model teknometrik, analisis hirarki proses, manajemen teknologi

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung nilai koefisien kontribusi komponen teknologi (TCC) dan menentukan prioritas pengembangan komponen teknologi di PT. Kereta Api Logistik. Untuk menghitung nilai TCC penulis menggunakan model teknometrik dan metode Analytical Hierarchy Process. Hasil perhitungan TCC menunjukkan bahwa nilai TCC PT. Kereta Api Logistik adalah 0.5 (cukup), sedangkan selang penilaian TCC untuk mencapai tingkat state of the art adalah 1.0, sehingga terdapat peluang bagi PT. KALOG untuk melakukan perbaikan pada komponen teknologi yang memiliki nilai kontribusi paling rendah sehingga dapat meningkatkan nilai TCC. Perhitungan nilai intensitas kontribusi komponen teknologi menunjukkan bahwa komponen humanware (0.311) dan technoware (0.289) merupakan komponen teknologi yang menjadi prioitas pengembangan di PT. KALOG kerena berdasarkan urutan nilai bobot kedua komponen tersebut memiliki skor lebih tinggi dibanding komponen infoware dan orgaware. Dengan melakukan tindakan dalam peningkatan komponen humanware dan technoware diharapkan mampu meminimalisir permasalahan operasional PT. KALOG sehingga kinerja operasi dan volume penjualan akan meningkat sehingga PT. KALOG mampu meningkatkan perannya dalam persaingan bisnis.

Kata kunci: Transportasi kereta api barang, komponen teknologi, model teknometrik, analisis hirarki proses, manajemen teknologi


Abstract. The purpose of this research are two folds. The first is to calculate the technology contribution coefficient (TCC) and the second is to determine the priority of technology component development. This research has been done in PT. KALOG, a rail freight transportation company. To calculate the TCC, the author has used the technometric model and the analytical hierarchy process method. The calculation has shown that the TCC value of PT. KALOG is 0.5 indicating a fair level degree of sophistication. Since the value of the state of the art level is 1.0, there are opportunities for PT. KALOG to improve its technology components, in particular the one with the lowest contribution value, This way the company will be able to increase its TCC value. Next, the calculation of the intensity of the contribution of technology components has shown that humanware and technoware are the technology components that should be prioritized to be developed. By improving these two components, operational problems will be minimized so that operating performance and sales volume will increase. It can then be expected that PT. KALOG will improve its role in business competition.

Keyword: Rail freight transportation, technology component, technometric model, analytical hierarchy process, technology management

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, S. (2014). Technology in organizations. International Journal of Research in Business Management, 2(7), 2321–886.
Dewan Riset Nasional. (2016). Agenda riset nasional 2016-2019. Jakarta.
Dhika, H., & Fitriansyah, A. (2016). Perancangan sistem informasi jasa pengiriman barang berbasis web. Jurnal SIMETRIS, 7(1), 51–58.
Effendi, U., & Simdora, S. P. (2016). Analisis kontribusi teknologi pada pembuatan minuman sari apel (studi kasus di ksu brosem, Batu). Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 5(2), 96–106.
Hamid, S.-R., Chew, B.-C., & Halim, S. (2012). What’s the principles of technology management–eliciting technology management principles through expert opinion. International Journal of Innovation, Management and Technology, 3(5), 631–636. Doi: 10.7763/IJIMT.2012.V3.310
Harris, I., Wang, Y., & Wang, H. (2015). ICT in multimodal transport and technological trends: Unleashing potential for the future. International Journal of Production Economics, 159, 88–103. Doi: 10.1016/j.ijpe.2014.09.005.
Nazaruddin. (2008). Manajemen Teknologi (Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.
PAT BPPT. (2011). Pedoman umum Audit Teknologi. Jakarta.
Perego, A., Perotti, S., & Mangiaracina, R. (2011). ICT for logistics and freight transportation: a literature review and research agenda. International Journal of Physical Distribution & Logistics Management, 41(5), 457–483. Doi: 10.1108/09600031111138826
Pradana, A. H., & Ciptomulyono, U. (2011). Analisis kandungan teknologi sentra industri kerajinan kuningan dengan pendekatan teknometrik untuk penyusunan prioritas pembinaan teknologi di desa bejijong kecamatan trowulan kabupaten mojokerto, 1–9. [Skripsi]. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
PT. Kereta Api Logistik. (2015). Laporan Tahunan 2015. Jakarta.
Pujianto, T., Alna, R., Hasbullah, S., & Ardiansah, I. (2017). Penilaian Kontribusi Komponen Teknologi dalam Aktivitas Produksi di PT Z Menggunakan Metode Teknometrik. Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 6(3), 133–144.
Purnamasari, D. (2015). Audit Teknologi Galangan Kapal (Studi Kasus di PT. IKI). Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim WAVE, 9(1), 39–48. Retrieved from http://ejurnal.bppt.go.id/index.php/JW/article/view/2664/2245
Ramadhani, Y. (2012). Analisa Daya Saing Perusahaan Ditinjau Dari Assesmen Teknologi. Jurnal Teknologi Technoscientia, 5(1), 31–40. Retrieved from http://ejurnal.bppt.go.id/index.php/JW/article/view/2664/2245.
RI, R. I. (2017). Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Jakarta. Retrieved from http://risbang.ristekdikti.go.id/regulasi/RIRN.pdf.
UNESCAP. (1988). Tokyo Plan on Technology for Development in Asia and Pacific (4th ed.). Banglore: Asian and Pacific Centre for Transfer of Technology.
Virliantarto, N., Ma'ruf, B., & Suastika, I. K. (2017). Pengukuran kesiapan teknologi untuk pembangunan kapal kontainer 100 teus dengan sistem modular di PT. PAL Indonesia. WAVE: Jurnal Ilmiah Terknologi Maritim, 11(1), 31–38.

Downloads

Submitted

2018-03-23

Accepted

2018-11-30

Published

2018-12-10

How to Cite

Yanthi, E. R., Basith, A., & Munandar, J. M. (2018). Analisis Kontribusi Komponen Teknologi pada Perusahaan Jasa Kereta Api Barang dengan Pendekatan Model Teknometrik. Jurnal Manajemen Teknologi, 17(3), 197–215. https://doi.org/10.12695/jmt.2018.17.3.3

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)