Pengaruh Motivasi Usaha terhadap Keberhasilan Usaha dengan Kemampuan Usaha sebagai Variabel Mediasi pada Industri Kecil Menengah Makanan Ringan Priangan Timur-Indonesia

Authors

  • Dwi Gemina Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda Bogor
  • Endang Silaningsih Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda Bogor
  • Erni Yuningsih Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.12695/jmt.2016.15.3.6

Abstract

Abstrak. Industri Kecil Menengah (IKM) memberikan sumbangan berarti bagi pertumbuhan ekonomi nasional, sebagai penggerak pembangunan daerah dibidang teknologi, memperluas kesempatan berusaha, kesempatan kerja dan peningkatan nilai tambah. Tujuan penelitian: menganalisis pengaruh motivasi usaha terhadap kemampuan usaha IKM; menganalisis pengaruh kemampuan usaha terhadap keberhasilan usaha IKM; menganalisis pengaruh motivasi usaha terhadap keberhasilan usaha melalui variabel kemampuan usaha IKM sebagai mediasi; Metode penelitian survey dan bentuk penelitian deskriptif serta verifikatif. Objek penelitian pengelola usaha IKM makanan ringan sebanyak 150 dengan menggunakan koesioner tertutup melalui pengujian path analisis. Hasil penelitian bahwa motivasi usaha berpengaruh signifikan dan berbanding lurus (positif) terhadap kemampuan usaha, semakin tinggi motivasi usaha akan diikuti tinggi kemampuan usaha. Kemampuan usaha berpengaruh signifikan dan berbanding lurus (positif) terhadap keberhasilan usaha, semakin tinggi kemampuan usaha akan diikuti tinggi keberhasilan usaha. Selanjutnya pengaruh motivasi usaha terhadap keberhasilan usaha melalui variabel kemampuan usaha sebagai mediasi signifikan atau dapat diterima, sehingga motivasi usaha berpengaruh terhadap keberhasilan usaha melalui kemampuan usaha.

Kata kunci: motivasi usaha, kemampuan usaha dan keberhasilan usaha, industri kecil menengah, makanan ringan, Priangan Timur-Indonesia

 

Abstract. Small medium industries (hereafter SMIs) contributed meant to the national economic growth, as the driving regional development in technology, extending business opportunities, employment opportunities and the increase in added value. Research purposes: analyze the influence business motivation in the ability of SMIs businesses; analyze the influence of the ability of SMIs businesses to SMIs business successful; analyze the influence business motivation to SMIs business successful through variable the ability of SMIs businesses as mediation. The research method is survey with the research form of descriptive verification. 150 SMIs manager ware observed using closed questionnaire through the test of path analysis. Research results that business motivation is affecting significantly and proportionally (positive) toward the ability of SMIs businesses, the higher business motivation would be followed by high of the ability of SMIs businesses. The ability of SMIs businesses is significantly and proportionally (positive) affect the SMIs business successful, the higher the ability of SMIs businesses would be followed by high of the SMIs business successful. The business motivation to influence the SMIs business successful through the ability of SMIs businesses as mediation is significant or acceptable, so business motivation influences the SMIs business successful through the ability of SMIs businesses.

Keywords: business motivation, business ability and business successful, small medium industries, snacks, East Priangan-Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. (2004). Psikologi belajar. Jakarta: PT Rineka. Cipta.
Algifari. (2003). Ekonomi mikro teori dan kasus, Edisi ke-1, Cetakan Pertama, Yogyakarta. Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.
Alifuddin, & Razak, M. (2015). Strategi membangun kerajaan bisnis. Jakarta. Magna Script Publishing.
Alma, B. (2013). Kewirausahaan. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Alfabeta. ISBN: 979 8433-35-0.
Badan Pusat Statistik (2014). Statistik Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Ball, B. (1997). Career management competences – the individual perspective,. Career Development International, 2/2, hal. 74-79.
Basrowi. (2014). Kewirausahaan (Untuk Perguruan Tinggi). Ciawi-Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia. ISBN: 978-979-450-663-9.
Daryanto & Cahyono, A.D. (2013). Kewirausahaan (Penanaman Jiwa Wirausaha). Yogyakarta: Gava Media. ISBN:978-602-7869-17-2.
Defillippi, R.J. and Arthur, M.B. (1994). A competence based perspective. Journal of Organizational Behaviour, 15, 307.
Dowling, G. R. ( 1997). Do custumer loyalty programs really work?. Sloan Management Review,38 (12), 71.
Drejer, A. (2000). Organizational learning and competence development. The Learning Organization, 7 (4), 206-220.
Departemen Perindustrian (2014). Dorong Daya Saing Industri di Jawa Barat.
Fahmi, I. (2014). Kewirausahaan. teori, kasus dan solusi. Bandung: Penerbit Alfabeta.ISBN: 978-602-7825-52-9.
Gronlund, N. E. (1977). Constructing achievement test. Penerbit: Englewood Cliffs: Prentice¬Hall.
Gay, LR & P.L. Diehl. (1992). Reseach methods for business research methods. Richard D Irwin, Inc. Boston. ISBN: 9780023408106.
Griffin, J. (1995). Customer loyalty, how to earn it; how to keep it. Lexington Books, An Imprintof The Free Press.
Hendro. (2011). Dasar-dasar kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Ie, M., & Visantia, E. (2013). Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Pemilik Toko Pakaian di Pusat Grosir Metro Tanah Abang Jakarta. Jurnal Manajemen, 13 (1), 1-14. ISSN: 1411-9293.
Indriyatni, L. (2013). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan usaha mikro dan kecil (Studi Kasus Pada Usaha Kecil di Semarang Barat). Jurnal STIE Semarang, 5 (1), 54-70.
Indrawan, R. (2013). UMKM Jawa Barat : Stagnan di Tahun 2012 dan Berharap di Tahun 2013. (Sumber : http://www.depkop.go.id di unduh Rabu-19-03-2014/24:00).
Kementrian Perindustrian (2014). Panduan Pengembangan Industri Unggulan Provinsi.
Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (2014). Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Usaha Besar.
Kasmir. (2013). Kewirausahaan. Edisi Revisi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.ISBN: 979-769-051-2.
Luk, S. T. K. (1996). Succes in Hongkong: Faktors Self Reported by Successful Small Business Owners, Journal of Business Management, 34 (7),68- 74.
Murphy, John., Rowe, M. (1998). How to design trademarks and logos. Ohio : North Light Book. ISBN: 978-0891344001.
Nazir, M. (2003). Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.ISBN: 979-450-173-5.
Parasuraman, A., Berry, L.L., & Zeithaml, V.A. (1990). An empirical test of the extended gaps model of service quality. [Working Paper] 90-122, Cambridge, MA: Marketing science Institute.
Peraturan Presiden No. 28 Tahun 2008 tentang Kebijakan Industri Nasional. Peraturan Menteri Perindustrian RI No113/MIND/PER/10/2009.
Purnama, C., & Suyanto. (2010). Motivasi dan kemampuan usaha dalam meningkatkan keberhasilan usaha (Pada Industri Kecil Sepatu di Jawa Timur). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 12 (2), 177-184.
Rusdiana. (2014). Kewirausahaan. teori dan praktik. Bandung: Penerbit Pustaka Setia. ISBN: 978-979-076-398-8.
Robbin, P.S. (2001). Perilaku organisasi. konsep, kontroversi, aplikasi. Jilid I. Edisi Kedelapan. Jakarta: Prenhallindo. ISBN: 979-683-104-X.
Saiman, L. (2011). Kewirausahaan. teori praktik dan kasus-kasus. Jakarta. Penerbit Salemba Empat. ISBN: 978-979-061-102-3.
Saifuddin, A. (1997). Reliabilitas dan validitas. Edisi Ke 3. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Sitepu, N.S.K. (1994). Analisis jalur (Path Analysis), FMIPA, Bandung: Universitas Padjadjaran.
Small Business Development Center. (1993). Practical Solution for Small Business and School of Business. Madison: University of Wisconsin
Soedjono, I. (1993). Kewirakoperasian. Pembahasan Makalah. The Entreprenuer Cooperative. Bandung IKOPIN.
Suryana. (2013). Kewirausahaan. kiat dan proses menuju sukses. Edisi 4.Jakarta: Salemba Empat. ISBN: 978-979-061-375-1.
Sunyoto, D. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Center For Academic Publishing Service.
Suharsimi, A. (2005). Manajemen penelitian. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta. ISBN:979-518-153-X
Suryana, Y., & Bayu, K. (2013). Kewirausahaan. pendekatan karakteristik wirausaha sukses. Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Kencana Predana Media Group. ISBN: 978-602-7985-23-0.
Tambunan, T. (2012). Usaha mikro kecil dan menengah di Indonesia (Isu-Isu Penting). Jakarta: LP3S. ISBN 978-979-3330-98-3
Thompson, J.E., Stuart, R., & Lindsay, P.R. (1996).The competence of top team members: A framework for successful performance. Journal of Managerial Psychology, 11 (3): 48 - 66.
Wirasasmita, Y. (1993). Kerja sama Perguruan Tinggi dengan Lembaga Perbankan dan Keuangan Lainnya dalam Menciptakan Wirausahawan-Wirausahawan Baru. Hasil Seminar. Bandung: LM-UNPAD.
Zimmerer, T.W., & Scarborough, N.M. (1996). Entrepreneurship and the new venture formation. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Downloads

Submitted

2016-03-27

Accepted

2016-10-26

Published

2016-12-26

How to Cite

Gemina, D., Silaningsih, E., & Yuningsih, E. (2016). Pengaruh Motivasi Usaha terhadap Keberhasilan Usaha dengan Kemampuan Usaha sebagai Variabel Mediasi pada Industri Kecil Menengah Makanan Ringan Priangan Timur-Indonesia. Jurnal Manajemen Teknologi, 15(3), 297–323. https://doi.org/10.12695/jmt.2016.15.3.6

Issue

Section

Articles