Pengembangan Model Integrasi Kano-QFD Untuk Mengoptimalkan Kepuasan Konsumen dengan Mempertimbangkan Keterbatasan Dana Pengembangan

Authors

  • Moses Laksono Singgih Industrial Engineering Department Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya 60111
  • Friska Y.A. Tansiah
  • Ricko Immanuel

DOI:

https://doi.org/10.12695/jmt.2014.13.2.5

Abstract

Abstrak. Penelitian ini mengembangkan model integrasi dengan mempertimbangkan keterbatasan biaya dan pengaruh yang berbeda tiap atribut produk melalui penerapan konsep Kano dalam framework QFD. Atribut produk dikelompokkan dalam 5 kategori Kano yaitu reverse, indifference, one-dimensional, must-be dan attractive dengan bobot yang berbeda berdasarkan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen. Proses alokasi dana dilakukan dengan memperhatikan nilai kontribusi biaya pada masing-masing respon teknis. Dengan demikian, dihasilkan alokasi dana pengembangan produk yang lebih baik. Dana pengembangan produk akan selalu dialokasikan untuk atribut must-be yang memiliki pengaruh positif paling tinggi terhadap kepuasan konsumen. Sebaliknya, perusahaan tidak mengembangkan atribut produk indifference dan reverse yang tidak memberikan pengaruh apapun pada peningkatan kepuasan konsumen. Adanya model integrasi ini menjadikan QFD sebagai metode penghematan biaya yang mampu menjembatani kebutuhan konsumen dengan kemampuan perusahaan. Hasil pengembangan model ini, semua technical response baik pada kategori must-be, one-dimensional dan attractive dapat dialokasikan dana pengembangan produk dengan biaya total sebesar $348,30 dan nilai kepuasan konsumen sebesar 89,61, sedangkan model Bode dan Fung (1998) menghasilkan keputusan untuk mewujudkan semua technical response termasuk technical response yang tidak mempengaruhi kepuasan (indifference) sehingga akan terjadi pemborosan terutama pada pemborosan biaya pengembangan produk sehingga total biaya menjadi $353,30

Kata kunci: Kano, QFD, anggaran pengembangan produk, optimasi kepuasan konsumen.

Abstract. This study develops a model of integration between the application of the concept of Kano in QFD framework and considering the use of product development costs. Kano concept would classify the product attributes into 5 categories: reverse, indifference, one-dimensional, must-be, dan attractive. These attributes are given different weights based on the influence of these attributes on the level of consumer satisfaction. Furthermore, the allocation process of product development by taking into account the contribution of the cost of each technical response. The result of the integration is allocate development funds for must-be attributes and do not allocate to the reverse and indifference attributes. Thus, companies avoid the development of product attributes indifference and reverse that does not give effect to increasing customer satisfaction so that it saves development costs. The results of this model are all the technical response both in the category of must-be, one-dimensional and attractive product development funds be allocated with total costs of $ 348,30 and the value of customer satisfaction of 89,61, whereas the model Bode and Fung (1998) make the decision to realize all technical response including technical response that does not affect satisfaction (indifference) so the total product development costs become $ 353,30.

Keywords: Kano, QFD, budget for product development, optimization of customer satisfaction

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Moses Laksono Singgih, Industrial Engineering Department Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya 60111

Industrial Engineering Department

References

Berquist, K. & Abeysekera, J. (1996). Quality Function Deployment (QFD) - A means for developing usable products. International Journal of Industrial Ergonomics, 8141, 269-275.
Bode, J. & Fung, R. Y. K. (1998). Cost Engineering with Quality Function Deployment. Science, 35, 587-590.
Carnevalli, J. A. & Miguel, P. C. (2008). Review, Analysis And Classification of The Literature on QFD—Types of Research, Difficulties and Benefit. Production, 114, 734-754.
Centre, E. D., & Square, N. (1995). Design function Deployment- A Design System for The Future. Design Studies, 16, 447-470.
Chan, L. K. & Wu, M. L. (2002). Quality Function Deployment: A Literature Review. European Journal Of Operational Research, 143, 463-497.
Delice, E. K. & Gungor B, Z. (2009). A New Mixed Integer Linear Programming Model for Product Development Using Quality Function Deployment. Computers & Industrial Engineering, 57, 906-912.

Downloads

Submitted

2014-04-14

Accepted

2014-06-19

Published

2014-08-26

How to Cite

Singgih, M. L., Tansiah, F. Y., & Immanuel, R. (2014). Pengembangan Model Integrasi Kano-QFD Untuk Mengoptimalkan Kepuasan Konsumen dengan Mempertimbangkan Keterbatasan Dana Pengembangan. Jurnal Manajemen Teknologi, 13(2), 189–200. https://doi.org/10.12695/jmt.2014.13.2.5

Issue

Section

Articles