Pengaruh Green Marketing, Pengetahuan dan Minat Membeli terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • Riska Septifani Brawijaya University
  • Fuad Achmadi
  • Imam Santoso

DOI:

https://doi.org/10.12695/jmt.2014.13.2.6

Abstract

Abstrak. Green marketing adalah upaya perusahaan untuk menyediakan produk yang ramah lingkungan bagi konsumen targetnya. Teh siap minum yang dikemas dalam kemasan returnable glass bottling (RGB) merupakan salah satu contoh produk yang ramah lingkungan, dimana kemasannya dapat digunakan kembali setelah proses sterilisasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh green marketing, pengetahuan dan minat membeli terhadap keputusan pembelian minuman teh dalam kemasan RGB. Instrument utama pengumpulan data adalah kuesioner yang diukur dengan skala likert. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 160 responden yang merupakan konsumen minuman teh dalam kemasan RGB. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling(SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa green marketing, pengetahuan dan minat membeli memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian minuman teh dalam kemasan RGB.

Kata Kunci: Green Marketing, Pengetahuan, Minat Membeli, Keputusan Pembelian, Returnable Glass Bottling


Abstract. Green marketing is the company's efforts to provide environmentally friendly products to targeted consumers. Ready to drink (RTD) tea in returnable glass bottling (RGB) packaging is one example of environmental friendly product, where the packaging could be reused after sterilization process. This study aimed to determine the effect of green marketing, knowledge and intention to buy towards purchasing decision of RTD tea in RGB. The main instrument of data collection was a questionnaire that was measured by a Likert scale. The number of respondents in this study were160 respondents, consisting of RTD teain RGB consumers in Malang. Data analysis methods used Structural Equation Modelling (SEM). The results showed that, green marketing, knowledge and buying interest has a positive and significant influence on purchasing decision of RTD tea in RGB.

Keywords: Green Marketing, Knowledge, Intention to Buy, Purchasing Decision, Returnable Glass Bottling

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Riska Septifani, Brawijaya University

department of agricultural industrial technology

faculty of agricultural technology

References

Anonymous. (2013). Apa yang Dimaksud dengan “GoGreen”. http://www.ksdasulsel.org/konservasi/176-go-green. Diakses tanggal 6 Februari 2013.
BPS. (2011). Malang dalam Angka 2011 (Malang City in Figures 2011). BPS-Statistics of Malang City.
Camino, R. J. (2007). Re-evaluating Green Marketing Strategy: A Stakeholder Perspective. European Journal Of Marketing, 41 (11/12), 1328-1358.
Cateora, R. P. & Graham, L. J. (2007). Pemasaran Internasional Edisi 13 Buku 2. Salemba Empat. Jakarta.
Chandra H.P. & Cristian D. (2002). Analisa Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14000) dan Kemungkinan Implementasinya oleh Para Kontraktor Kelas A di Surabaya. Dimensi , 4(2: September ), 77-84.
Chen, M.F. (2007). Consumer Attitudes and Purchase Intentions in Relation to Organic foods in Taiwan: ModeratingEffects of Food-Related Personality Traits. Food Quality and Preference, 18(7),1008-21.
Chen, M.F. (2009). Attitude Toward Organic Foods among Taiwanese as Related To Health Consciousness, Environmental Attitudes and The Mediating Effects of A Healthy Lifestyle. British Food Journal, 111 (2), 165-78.
Ferdaus, A. S & Polonsky, M. J. (2013). Predicting Bangladeshi Financial Salespeople's Ethical Intentions and Behaviour Using The Theory of Planned Behaviour (Implication for Developing Country). Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 25 (4), 655-673.
Ferdinand, A. T. (2005). Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Badan Penerbit UNDIP. Semarang.
Grewal, D & Levy, M. (2010). Marketing 2nd edition. McGraw Hill. New York.
Haryadi, R., (2009). Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Pilihan Konsumen Melalui Pendekatan Marketing Mix Studi Kasus pada The Body Shop Jakarta. [Tesis S2]. Universitas Diponegoro, Semarang.
Hawkins et al., (2007). Consumer Behavior : Building Marketing Strategy. McGraw-Hill. New York.
Heizer, J & Render, B. (2006). Operation Management International Edition Seventh Edition. Prentice Hall. USA.
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Andi Offset. Yogyakarta.
Junaedi, S.M.F. (2005). Pengaruh Kesadaran Lingkungan pada Niat Beli Produk Hijau: Studi Perilaku Konsumen Berwawasan Lingkungan. Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis, 9 (2), 189-201.
Juwaheer et. al., (2012). Analysing the Impact of Green Marketing Strategies on Consumer Purchasing Patterns in Mauritius. World Journal of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development, 8 (1), 36-59.
Kasali, R. (2005). Sembilan Fenomena Bisnis. Management Student Society. FEUI Official Site. Jakarta.
Kotler, P. & Gary, A. (2012). Principles of Marketing. Prentice-Hall International, Inc: New Jersey.Kurniawan, I dkk., (2007). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Produk Sakatonik Liver di Kota Semarang). [Skripsi]. Universitas Diponegoro. Semarang.
Laroche, M., Bergeron, J. & Barbaro-Forleo, G., (2001). Targeting Consumers who are Willing to Pay More for Environmentally Friendly Products. Journal Of Consumer Marketing, 18(6), 503-520
Manongko, A. A. Ch. (2011). Green Marketing dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Membeli Produk Organik. (Studi Pada Pelanggan Produk Organik di Kota Manado). [Tesis]. Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.
Ma'ruf, H. (2005). Pemasaran Ritel. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Myers, G. (2003). Selling to Women. Americans Demographics. USA
Ottman, J.A, et al., (2006). Green Marketing Myopia: Ways to Improve Consumer Appeal for Environmentally Preferable Products. Environment Value, 48(5), 22-36. Heldreff Publication. Lincolwood.
Poeradisastra, F. (2011). Prospek dan Pengembangan Industri Minuman Ringan di Indonesia. Food Review Indonesia Edisi Februari 2011.
Rosen, E. (2004). Kiat Pemasaran dari Mulut ke Mulut. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Schiffman, L.G. & Kanuk, L.L. (2007). Perilaku Konsumen Edisi 7. Alih Bahasa: Zoelkifli Kasip. PT Indeks. Jakarta.
Simamora, B. (2004). Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Solimun. (2008). Analisis Data Statistika: Metode Kuantitatif Untuk Ekonomi. Fakultas MIPA. Universitas Brawijaya. Malang.
Sugiyono.(2007). Statistik Untuk Penelitian. CV. Alfabeta. Bandung.
Sumarsono & Pengetahuan Konsumen terhadap Ecolabelling serta Pengaruhnya pada Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan. Performance 15 (1: Maret), 70-85.
Tarkiainen, A & Sundqvist, S. (2005). Subjective Norms, Attitudes and Intentions of Finnish Consumers in Buying Organic Food. British Food Journal, 107 (10-11), 808-22.

Downloads

Submitted

2014-02-14

Accepted

2014-07-22

Published

2014-08-26

How to Cite

Septifani, R., Achmadi, F., & Santoso, I. (2014). Pengaruh Green Marketing, Pengetahuan dan Minat Membeli terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Teknologi, 13(2), 201–218. https://doi.org/10.12695/jmt.2014.13.2.6

Issue

Section

Articles