Peta Persepsi Multi Atribut dan Penyedia Jasa Transportasi menuju Bandara Soekamo Hatta di Kota Bandung
Abstract
Persaingan di sektor jasa transportasi dari Bandung ke bandara Soekarno Hatta di Jakarta semakin marak dengan adanya penerbangan tarif rendah dan dibukanya jalan tol Cipularang. Melalui sebuah penelitian diketahui bahwa konsumen memilih penyedia jasa berdasarkan tujuh atribut, yakni harga, sistem reservasi tiket, fasilitas kendaraan, sikap pegawai, kualitas pelayanan, jaminan keberangkatan, dan sistem keberangkatan (door to door dan point to point). Di dalam tulisan ini ditampilkan peta persepsi setiap penyedia jasa menggunakan Multi Dimensional Scaling berdasarkan enam atribut karena persepsi mengenai harga sudah dipelajari di dalam penelitian lainnya.
Â
Katakunci:Â Jasa transportasi, persepsi, Multi Dimensional Scaling, Multi Attribut
Downloads
Downloads
Submitted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Copyright @2023. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium.