Kepemimpinan Pelayanan dan Kepuasan Kerja atas Perkembangan Karir Pengikut

Authors

  • Donald Crestofel Lantu

Abstract

Dengan kesadaran yang tinggi akan pentingnya pemimpin-pemimpin yang mampu mengatasi tantangan mengenai perlunya mengintegrasikan dunia usaha dengan kehidupan pribadi dan sosial sebagai kesatuan yang utuh, menjadi inspirasi bagi penelitian ini untuk melihat bagaimana pengaruh dari praktek kepemimpinan pelayan, sebagai suatu filosofi baru dalam kepemimpinan, terhadap kepuasan pengikut atas perkembangan karir mereka. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisikan daftar pertanyaan terbuka dan tertutup, dengan karyawan perusahan Unocal Indonesia sebagai responden. Jawaban responden mencerminkan pandangan, pendapat dan persepsi responden akan kondisi yang sebenarnya terjadi. Karakteristik pemimpin pelayan dijabarkan dalam lima variable sebagai batasan analisis, yaitu kualitas pelayanan, kearifan pemimpin, keluasan wawasan pemimpin, komitmen pemimpin terhadap visi bersama dan sifat kewargaan pemimpin, dimana kelima variable tersebut dihubungkan dengan kepuasan atas perkembangan karir pengikut sehingga membentuk satu model. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik statistic yaitu analisis factor, uji reliabilitas dan regresi linier berganda. Penelitian yang merupakan studi kasus ini menghasilkan temuan bahwa kualitas pelayanan yang dilakukan pemimpin serta kearifan sang pemimpin memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan atas perkembangan karir pengikut, serta tidak ada satu hubungan yang berarti antara sifat kewargaan pemimpin dengan kepuasan atas perkembangan karir pengikutnya.

 

Katakunci: pemimpin pelayan, kepuasan atas perkembangan karir, kualitas pelayanan, kearifan pemimpin, sifat kewargaan pemimpin.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2011-12-24

Published

2002-06-01

How to Cite

Lantu, D. C. (2002). Kepemimpinan Pelayanan dan Kepuasan Kerja atas Perkembangan Karir Pengikut. Jurnal Manajemen Teknologi, 5(1). Retrieved from https://journal.sbm.itb.ac.id/index.php/mantek/article/view/49

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)