Persepsi Petani terhadap Kinerja Pupuk Phonska dan Implikasi terhadap Program Pemasarannya
Abstract
Pupuk Phonska merupakan pupuk majemuk NPK yang dihasilkan PT Petrokimia Gresik dan masuk pasar mulai bulan agustus 2000. Dalam perkembangannya, penjualan Phonska masih rendah yaitu hanya mencapai 28% dari kapasitas produksi pada tahun 2002, hal ini karena posisi Phonska di pasar masih dalam tahap perkenalan pada posisi product life cycle, yang dicirikan dari perkembangan rendahnya nilai penjualan dan posisi rugi yang diterima perusahaan serta besarnya usaha-usaha yang diperlukan dalam rangka memperkenalkan produk. Posisi preferensi konsumen terhadap Phonska perlu diteliti dan dianalisis. Analisis yang digunakan untuk mengukur preferensi konsumen didapatkan melalui pengukuran gap antara harapan dan persepsi (Performance) dan bobot kepentingan (Importance) dari tiap-tiap atribut produk. Dari diagram Importance-Performance diperoleh letak tiap-tiap atribut dari dimensi produk, harga, distribusi , dan promosi (4P) dan dimensi people/ pemasar, proses, dan physical evidence (3P). Dari hasil penelitian juga diperoleh indeks Kepuasan konsumen secara keseluruhan sebesar 82,02% dan menghasilkan gap yang terbesar pada dimensi harga sebesar 1,46. Program pemasaran sebagai upaya memperbaiki performance atribut produk yang diprioritaskan pada Kuadran I diagram importance-performance, yaitu meliputi atribut-atribut harga terjangkau (B1), Fasilitas kredit disediakan (B2), ketersediaan barang selalu ada (C2), Tersediannya demonstrasi plot/area (D1), Sosialisasi temu pelanggan (D2), Program kemitraan (D5), Pemberian undian berhadiah (D8), dan Pemberian barang-barang promosi (D9), diharapkan berdampak pada peningkatan penjualan Phonska.Downloads
Downloads
Submitted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Copyright @2023. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium.