Peranan teknologi informasi untuk mempercepat pelayanan kepada pelanggan dalam rangka meningkatkan daya saing perusahaan
Abstract
Setiap perusahaan, baik swasta maupun milik Negara, menghadapi tantangan persaingan yang semakin lama semakin ketat dan semakin mendunia. Untuk menghadapi tantangan ini, perusahaan perlu mengembangkan visi yang dilandasi oleh pemahaman lingkungan usaha serta kekuatan dan potensi perusahaan. Perubahan lingkungan dan respons yang dilakukan perusahaan semakin lama dituntut semakin cepat. Visi bisnis dan strategi pendukungnya ini memerlukan peran sistem informasi, yang diolah dari berbagai data yang harus diidentifikasi. Ketatny waktu penentuan visi dan strategi bisnis secara signifikan telah menuntut kebutuhan informasi dari sejumlah besar orang yang terlibat dalam pengambilan keputusan. Teknologi informasi membantu manajemen untuk mempercepat pengolahan data, proses komunikasi, penetapan keputusan yang disepakati serta penentuan strategi perusahaan. Paparan berikut membahas perant teknologi informasi dalam tiga hal: Penentuan business environment dimana perusahaan memainkan persaingan, company environment dimana perusahaan dapat memaksimumkan competitive advantage dan penggunaan informasi dalam memposisikan perusahaan dalam lingkungan usaha di atas.
Katakunci:Â minat berusaha, lingkungan bisnis, lingkungan usaha, lingkungan IT, business process, peran sistem informasi, era sistem informasi, strategic option, information system, organization system
Downloads
Downloads
Submitted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Copyright @2023. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium.