Strategi operasi tim supply chain management dengan pendekatan value-based management: studi kasus perusahaan minyak dan gas bumi
Abstract
Sebuah perusahaan multinasional yang bergerak dalam bisnis eksplorasi minyak dan gas bumi di Indonesia memiliki sebuah unit organisasi yang disebut Tim SCM (Supply Chain Management) yang bertanggung  jawab  dalam  menjamin pasokan  barang-barang  sediaan  untuk  proyek-proyek dan kegiatan operasi harian. Masalah yang sedang dihadapi oleh tim ini adalah makin meningkatnya jumlah barang sediaan untuk item-item MRO (Maintenance, Repair and Operations), item-item untuk PCI (Project Common Items), item-item untuk DC (Direct Charged), dan  item-item yang lambat bergerak (slow-moving items). Di samping itu, juga terjadi kekurangan pasokan pada beberapa item MRO dan PCI.  Makalah  ini  bertujuan  merancang  strategi operasi  bagi  Tim  SCM  dengan  menggunakan pendekatan value-based  management.  Metode  penelitian  yang digunakan  untuk  memecahkan masalah  terdiri  dari  empat tahap,  yaitu  identifikasi  akar masalah (root  causes), penentuan  tujuan kinerja, penentuan kebijakan yang relevan, dan penyusunan matriks strategi operasi. Hasil analisis menunjukkan lima akar masalah, dan diusulkan 10 kebijakan manajemen rantai pasok.
Kata kunci: inventory, supply chain management, value-based management, strategi operasi
Downloads
Downloads
Submitted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Copyright @2023. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium.